Sabtu, 30 April 2011

Siapkah Menjadi Tuan di "Kampung" Sendiri?

Pemekaran, kata yang beberapa tahun belakangan berdentum keras di Lebak Selatan. Harapannya sudah jelas, yaitu menginginkan kesejahteraan dam pemerataan Pembangunan.

Pembentukan Kabupaten di Lebak Selatan atau Kabupaten Cilangkahan sudah menjurus ke harga mati. Artinya itu sebuah mimpi yang memang harus segera diwujudkan. Ya, mimpi yang selalu diidamkan oleh warga Lebak selatan lainnya.

Jika kelak mimpi itu terwujud, kabupaten Cilangkahan terbentuk, apakah pemekaran ini akan sesuai tujuan, memberikan kesejeahteraan dan pemerataan pembangunan? Jangan-jangan pemekaran ini hanya menguntungkan segelintir elite beserta golongan dan keluarganya saja tanpa menyentuh seluruh masayarakat Lebak Selatan.

Memang betul bahwa daerah Lebak Selatan adalah penyumbang APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) terbesar ke kabupaten Lebak, walau saya tidak dapat memperoleh data yang pasti. Lebak Selatan memiliki begitu banyak potensi Sumber Daya Alam yang bisa di kembangkan. Bahkan sebagian daerah wisata di Lebak berada di wilayah Lebak Selatan.

Namun sudah siapkan warga Kabupaten Cilangkahan mengelola Sumber Daya Alam yang dimilikinya hingga kemudian menjadi tuan di kampung sendiri dan tidak hanya menyerahkannya pada orang luar. Kita hanya menjadi penonton yang seakan terlarut dalam uporia kemenangan pembantukan kabupaten Cilangkahan tanpa memikirkan pengembangan selanjutnya.

Apa langkah-langkah nyata masyarakat dan pemerintah untuk mengembangkan potensi-potensi lokal? Bagaimana dukungan pemerintah kabupaten baru terhardap para enterpreneur lokal, berupa pemodalah dan akses perizinan dan sebagainya secara merata tanpa lebih mementingkan orang dekat penguasa.

Dan bagaimana kepedulian Masayarakat yang berkeinginan menjadi enterpreneur dan melihat potensi Sumber Daya Alam. Jangan-jangan semua orang 'berebut' kue pemekaran saja dengan menempati posisi intansi pemerintahan dan PNS saja.

Ini jelas hanya sebuah pertanyaan saja dari saya, sebagai anak Lebak Selatan yang berharap pembentukan kabupaten itu segera terwujud dan ada tindaklanjut pemerataan pembangunan dan kesejahteraan. Serta kepedulian pemerintah dan masyarakatnya untuk mengembangkan potensi-potesi yang dimiliki Lebak Selatan dengan kekuatan sendiri. Sehingga kita menjadi Tuan di kampung sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © dari Q-ta untuk Semua
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com